Blog

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagai mana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa…”

“…berpuasa itu baik bagimu seandainya kamu mengetahui.” (Al Baqarah:183 dan 184)

Jujur saja, banyak diantara kita yang belum memahami cara melaksanakan puasa yang benar. Mungkin lebih tepat jika disebut hanya memindahkan waktu makan saja, dari siang ke malam hari. Pemandangan seperti ini adalah kenyataan yang bisa kita lihat di mana-mana pada setiap bulan Ramadhan. Nah, bagaimana seharusnya berpuasa yang benar? Berikut ini adalah tips untuk berpuasa dengan benar dan sehat lahir batin bersama Kopi Hijau Bromo.

tips berpuasa

Begitu masuk waktu maghrib bagi yang berpuasa memang diwajibkan segera berbuka. Bagaimana pun Tuhan lebih tahu batas kemampuan kita. Tetapi tidak pernah ada ajaran atau perintah Tuhan yang menyuruh kita langsung makan berat seperti orang yang sudah berhari-hari tidak melihat makanan dan terus mengisi perutnya sampai sesak kekenyangan.

Hidangan bulan puasa memang sering terkesan lebih istimewa dari hari-hari biasa. Bagi kebanyakan masyarakat kita, makanan buka puasa seperti kolak, jajan pasar, dan makanan bersantan lainnya sudah seperti keharusan. Mereka mengatakan tidak afdol bulan puasa jika tidak ada kolaknya, es cendolnya, dan sebagainya.

Perilaku berpuasa seperti ini jelas bertolak belakang dengan semangat Ramadhan, saat seharusnya kita berlatih mengendalikan hawa nafsu termasuk terhadap makanan. Padahal Rasulullah dalam hadistnya cukup memberikan contoh bagaimana adab berpuasa yang benar, yang Islami. Beliau berbuka puasa dengan makanan yang sangat sedikit berupa beberapa butir kurma. Cara makan dan minum beliau juga sangat tenang dan santun, bahkan boleh dikatakan khusyuk. Menurut Rasulullah: “Tidak ada tempat yang lebih dibenci Allah selain perut yang dipenuhi makanan halal.” Artinya makanan sehat dan halal pun tidak ada manfaat dan artinya jika dimakan berlebihan.

Puasa yang demikian tidak ada manfaatnya, dari segi apa pun, bagi kita. Dengan menjalani puasa dari fajar sampai matahari terbenam, lengkap dengan berbagai aktifitas bulan puasa pada umumnya, kita sering beranggapan ibadah puasa kita sudah sempurna.

Rahasia keutamaan puasa ada di dalam proses puasa itu sendiri yaitu proses yang terjadi dalam tubuh kita. Jika Tuhan sendiri mengatakan puasa itu baik bagi kita, berarti kita yang membutuhkan puasa. Hanya dengan mengetahui apa yang tengah berlangsung di dalam tubuh kita selama berpuasa, baru kita mengerti mengapa Tuhan mengatakan puasa itu baik bagi kita seandainya kita tahu. Dalam hadist Rasulullah yang lain Tuhan mengatakan bahwa mereka yang menjalani kehidupan sesuai dengan Al Qur’an niscaya panjang usianya.

Leave a Reply