Blog

“Perasaan tadi sudah makan, mengapa masih ada rasa lapar ya?”

Pernah kan kamu berpikir seperti itu? Walaupun sudah makan tapi masih ada rasa lapar yang menyerang. Coba ingat kembali, apa saja yang biasa kamu makan untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Ada nasi atau roti, lauk ayam atau ikan, sayur dan buah, tak ketinggalan susu. Sudah lengkap 4 sehat 5 sempurna. Emang ada yang salah dari menu makan seperti itu?

Nggak kok. Malah itu sudah sempurna banget, pertanda kamu mengerti perihal kelengkapan gizi untuk tubuhmu. Tapi, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui, mengapa dengan menu lengkap seperti itu kamu masih tetap merasa lapar meski baru saja selesai makan.

Komposisi Makanan

rasa lapar akan timbul bila,rasa lapar,rasa lapar disebabkan karena,rasa lapar akan muncul apabila,rasa lapar terus menerus,rasa lapar menandakan kita kekurangan,rasa lapar di malam hari,rasa lapar walaupun sudah makan,rasa lapar saat hamil muda,rasa lapar tanda hamil,rasa lapar yang berlebihan,rasa lapar akan timbul karena

Penyebab pertama mengapa kamu masih terasa lapar ada pada komposisi makanan. Seperti kita ketahui bersama, ada tiga zat gizi makro dalam makanan yang kita makan yaitu karbohidrat, protein dan lemak. Dari ketiganya, lemak adalah pensuplai energi paling besar (9 kalori/gram) sedangkan karbohidrat dan lemak menyuplai energi yang sama (4 kalori/gram). Meskipun begitu, ternyata energi yang disediakan karbohidrat dan protein tidaklah dengan cara atau proses yang sama. Sebab jika dibandingkan, karbohidrat akan lebih cepat dibakar menjadi energi daripada protein. Selain itu, protein ternyata juga turut membantu dalam usaha mengerem nafsu makanmu, karena perannya dalam meningkatkan hormon penanda kenyang (ghrelin) dan sebaliknya menekan hormon laparmu (leptin).

Disinilah poin pentingnya. Jika makanan yang kamu makan kebanyakan adalah jenis karbohidrat misalnya nasi dengan lauk mie goreng, maka jadi tak heran kalau kenyangmu tak akan bertahan lama. Mengapa? Karena seperti yang sudah dikatakan tadi, karbohidrat dibakar cepat, diubah jadi glukosa jadi tenaga. Untuk itu, usahakanlah jangan makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Tambahkanlah protein sebagai teman makanmu agar kenyangmu jadi awet. Isilah piringmu dengan sumber protein seperti telur, ikan, daging, tahu, tempe, susu, yogurt dan saudara-saudaranya.

rasa lapar akan timbul bila,rasa lapar,rasa lapar disebabkan karena,rasa lapar akan muncul apabila,rasa lapar terus menerus,rasa lapar menandakan kita kekurangan,rasa lapar di malam hari,rasa lapar walaupun sudah makan,rasa lapar saat hamil muda,rasa lapar tanda hamil,rasa lapar yang berlebihan,rasa lapar akan timbul karena

Bagaimana dengan lemak? Lemak juga berperan dalam mengerem laparmu dengan memperlambat pencernaanmu dan meningkatkan produksi hormon yang membuatmu jadi kenyang. Tapi, bukan berarti harus makan lemak dengan porsi yang banyak. Pastikan seperempat dari total kebutuhan harian saja cukup, kok!

Selain teman protein, serat juga jadi salah satu kunci agar kenyangmu bisa langgeng. Serat yang banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan mampu membuat pengosongan dalam pencernaanmu lebih lama. Bukan hanya itu, serat yang kamu makan juga menyumbang vitamin dan mineral dan perannya yang penting dan tidak boleh dilupakan yaitu keberadaanya membuat pencernaan makin lancar!

Apa cuma itu penyebab rasa lapar? Nggak kok, ada beberapa sebab lainnya, diantaranya:

Leave a Reply