Blog

Berat badan yang ideal adalah dambaan setiap orang, terutama kaum wanita. Berbagai cara dilakukan untuk bisa menurunkan berat badan dan mempunyai bentuk tubuh yang indah. Sayangnya, banyak diantara kita yang keliru dalam melakukan proses diet atau menurunkan berat badan. Banyak yang keliru membedakan mana fakta dan mitos tentang diet yang sehat, dan ujung-ujungnya bukan berat badan ideal yang didapat, tapi malah hanya memperparah kesehatan tubuh.

Di luar sana ada begitu banyak saran dan pendapat tentang bagaimana seharusnya melakukan diet. Dari mengurangi karbohidrat hingga percakapan seputar konsumsi harian terhadap susu segar dan daging.  Orang pun rela membayar mahal pada dokter atau konsultan nutrisi tentang bagaimana cara menurunkan berat badan secara sehat dan alami. Padahal, seiring perkembangan ilmu pengetahuan, nasihat tentang diet terus berubah dari minggu ke minggu.

Sebelum kamu melakukan diet, ada baiknya kamu ketahui 7 fakta dan mitos tentang diet ini.

  1. Semua Kalori Diciptakan dan dinilai Sama

Mitos ini membuat urusan penurunan berat badan hanya berputar dari adalah masalah kalori dan kalori saja. Padahal Itu tidak benar. Pada kemasan makanan, yang selalu diterakan hanya angka atau jumlah kalori, tidak ada penjelasan lainnya. Kalori hanyalah ukuran energi yang berarti jika kamu mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori tertentu, namun tidak menggunakan energi dalam tubuhmu, maka energi tersebut akan tersimpan dalam lemak. Ada pula makanan seperti kue yang memiliki kalori kosong – atau kalori yang tidak memiliki nilai gizi.

  1. Melewatkan Makanan adalah Cara Menurunkan Berat Badan

Melewatkan makanan tidak menyebabkan penurunan berat badan. Banyak orang yang kelebihan berat badan sering melewatkan sesi makanan penting seperti sarapan pagi. Padahal melewatkan makanan itu tidak baik karena dua alasan;

Pertama, melewatkan makanan berarti kamu akan lapar pada periode waktu berikutnya. Jadi, kamu lebih cenderung makan lebih banyak di kesempatan berikutnya. Kedua, melewatkan makanan berarti mengkalibrasi metabolisme tubuh. Tubuhmu akan memasuki mode pelestarian diri dan lebih banyak menyimpan lemak untuk mengatasi rasa lapar.

Berpuasa tidak sama dengan melewatkan makanan. Saat berpuasa, kamu hanya makan di malam hari saja. Sementara melewatkan makanan berarti ada satu waktu untuk makan yang kamu lewatkan.

  1. Olahraga Membantu dalam Penurunan Berat Badan

cara menurunkan berat badan dalam waktu singkat,diet berdasarkan golongan darah,diet sehat,diet yang benar,fakta dan mitos diet sehat,fakta dan mitos tentang diet,jumlah kalori,jumlah kalori dalam makanan,jumlah kalori makanan,kalori dalam makanan,kalori diet
sumber gambar: gazettereview.com

Olahraga tidak dengan sendirinya akan mengurangi lingkar pinggangmu. Makan lebih sedikit dan berolahraga lebih banyak adalah mantra usang yang telah gagal dibuktikan. Berolahraga sebenarnya berarti kenaikan berat badan karena tubuh kita ditransfer untuk mengkompensasi pengerahan tenaga. Dibutuhkan lebih banyak usaha dan pengeluaran energi untuk menyingkirkan lemak daripada membuang otot. Olahraga sangat penting dalam memastikan kamu selalu segar dan bugar, sehat dan dalam suasana hati yang baik namun ini bukanlah solusi untuk menurunkan berat badan.

  1. Mengurangi karbohidrat adalah Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Tidak masuk akal bagi siapa pun untuk berpikir bahwa mengurangi salah satu bagian dari komposisi makanan kita dapat membantu menurunkan berat badan. Seperti kita ketahui, makanan kita terdiri dari komposisi Karbohidrat, Protein, Lemak dan Serat. Mengurangi atau malah meniadakan salah satunya bukanlah cara untuk diet yang sehat. Sebenarnya karbohidrat kompleks seperti roti, nasi dan pasta sangat penting dalam memberikan energi.

Bukan komposisi makanan yang memiliki masalah tapi ukuran porsi makanlah yang harus kamu khawatirkan.

  1. Ada Solusi Cepat Untuk Menurunkan Berat Badan

Kita hidup dalam generasi “microwave” di mana kita mencari perbaikan cepat pada apapun. Di luar sana ada banyak produk mulai dari suplemen diet, pil dan minuman yang menjanjikan hasil penurunan berat badan secara cepat. Ini bukanlah solusi yang baik, apalagi jika kamu menginginkan penurunan berat badan untuk jangka panjang.

  1. Makanan Rendah Lemak Lebih diutamakan

Makanan yang berlabel rendah lemak biasanya memiliki gula lebih tinggi untuk menebus ketidakhadiran lemak. Oleh karena itu kontraproduktif. Namun, ketika menyangkut susu; skim dan semi skim arti rendah lemak ini berarti benar karena lemak jenuh tidak dapat diganti dengan apapun.

  1. Diet Berdasarkan Golongan Darah

Ini adalah mitos yang paling keliru. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Belum ada yang bisa membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan tertentu sesuai golongan darah bisa menurunkan berat badan.

 

Nah, itu tadi 7 fakta dan mitos tentang diet yang perlu kamu ketahui. Jadi, sebelum kamu melakukan diet, pastikan kamu mendapatkan informasi yang benar dan tepat.

 

sumber: top5life

Tinggalkan Balasan