Blog

Kopi adalah produk minuman yang ajaib. Citarasanya bisa berubah setiap saat, tergantung bagaimana produk ini mendapatkan perlakuan. Tak hanya saat menyeduh yang membuat setiap kopi memiliki aroma yang berbeda, jenis kemasan kopi juga bisa mempengaruhi citarasa minuman kopi yang dibuat.

Kemasan alufoil (aluminium foil) merupakan jenis kemasan kopi terbaik yang terbuat dari material aluminium foil, dan telah memenuhi standar food-grade. Jenis kemasan aluminium foil ini banyak dipilih karena mampu mempertahankan citarasa dan aroma dari kopi itu sendiri. Kelebihan utama dari kemasan alufoil adalah mampu melindungi produk dari paparan sinar matahari yang membuat-nya cepat menggumpal.

Lebih dari sekedar pembungkus kopi, kemasan alufoil juga dapat membuat produk kopi menjadi terlihat lebih elegan dan menjual. Tidak terbatas pada produk kopi saja. Kemasan alufoil ini juga banyak digunakan para pegusaha kuliner untuk melindungi produk-nya dari berbagai resiko kerusakan, terutama yang disebabkan oleh bakteri atau mikroorganisme lain yang membuat makanan cepat basi atau tidak layak dikonsumsi. Seperti produk bubuk, bumbu, dan produk olahan lainnya yang memerlukan perlindungan khusus.

Apa itu Kemasan Aluminium Foil?

Kemasan aluminium foil juga sering disebut retort pouch karena terbuat dari pencampuran material alufoil dengan bahan kemasan lain sehingga menghasilkan jenis kemasan baru. Jadi tidak murni terbuat dari lembaran logam aluminum, hanya sebagai bahan pelapis atau laminan saja. Dan wadah kemasan yang dihasilkan pun jadi lebih tebal, tidak mudah robek, tidak tembus cahaya sehingga daya simpan produk-nya jadi lebih lama.

jenis kemasan kopi,kemasan kopi,packaging kopi,kemasan aluminium foil,macam kemasan kopi,kopi bubuk,cara mengemas kopi,aneka kemasan kopi
kemasan aluminium foil tipe gusset

Kemasan ini sangat cocok untuk membungkus bahan atau produk olahan makanan dan minuman yang membutuhkan perlakuan serta perlindungan khusus. Terutama pada produk bubuk bersifat powder dan berlemak yang peka terhadap sinar matahari, mudah menggumpal atau mencair ketika terkena paparan panas. Dengan menggunakan kemasan ini, kualitas, citarasa, aroma hingga khasiat dari produk tersebut bisa tetap terjaga.

Berikut adalah beberapa keunggulan dari kemasan aluminium foil:

  • Double protection — tidak hanya melindungi produk dari resiko kerusakan yang disebabkan bakteri atau mikroorganisme lain, juga tahan terhadap sinar panas matahari. Sehingga dapat memberikan perlindungan ekstra terutama bagi produk yang rentan terkena panas, dimana cepat menggumpal atau mencair.
  • Kuat dan tidak mudah sobek — karena terbuat dari perpaduan bahan kemasan yaitu karton (74%), polyethylene (21%) dan aluminium foil (5%) sehingga kemasan yang dihasilkan tidak mudah sobek dan kuat. Tidak hanya itu, permukaan kemasan-nya pun lebih halus sehingga membuat-nya lebih terlihat ekslusif.
  • Menambah nilai jual produk — dengan permukaan yang lebih halus dan sedikit kaku, membuat-nya mudah dimodifikasi. Anda bisa menambahkan desain atau logo unik sehingga terlihat lebih ekslusif dan menjual. Dengan begitu, produk Anda pun bisa lebih bersaing di pasaran dengan produk sejenis milik kompetitor.
  • Tahan terhadap kelembaban udara — kelebihan lain dari kemasan aluminium foil ini adalah tahan akan oksigen alias tidak tembus udara. Sehingga bisa meminimalisir kerusakan pada produk yang disebabkan oksidasi.

Jenis Kemasan Kopi

Kemasan aluminium foil sendiri tersedia dalam berbagai pilihan ukuran dengan pilihan fitur berbeda. Diantaranya adalah:

  • Sachet — kemasan ini memiliki ukuran lebih kecil karena memang dikhususkan untuk satu kali sajian saja. Dan biasa digunakan untuk produk powder seperti kopi, gula, teh dan produk pasta.
  • Zipper — adalah kemasan alufoil yang paling banyak dicari dan digunakan karena telah dilengkapi fitur zip lock, mudah dibuka tutup. Selain memudahkan proses pengemasan, kemasan ini juga banyak menjadi pilihan konsumen karena dinilai praktis. Pada saat segel kemasan dibuka, mereka tidak perlu menuangkan atau memindahkan produk yang terdapat pada kemasan kedalam wadah lagi. Tinggal menutup kembali fitur zip lock yang terdapat pada kemasan dan pastikan tertutup dengan benar, sehingga kualitas produk bisa tetap terjaga.
  • Pouch — adalah kemasan yang memiliki desain lebih simple, tidak dilengkapi zipper atau zip lock sehingga memerlukan alat khusus untuk menutup atau merapatkan kemasan. Dan biasa-nya digunakan untuk berbagai produk makanan ringan dan olahan. Baik itu dalam keadaan basah maupun kering.
  • Standing pouch — sesuai dengan nama-nya, kemasan ini dilengkapi fitur ‘stand up’ sehingga akan memudahkan Anda pada saat menata-nya di display, karena bisa disimpan dalam keadaan berdiri tegap tanpa harus menggunakan penyangga.
  • Gusset — meski tergolong jadul, namun kemasan gusset ini masih menjadi primadona para pengusaha kopi hingga saat ini. Desain yang unik menyerupai bantalan, membuat-nya mudah diposisikan atau ditata rapi di display dan dapat berdiri tegak tanpa menggunakan harus menggunakan penyangga. Keunggulan lain dari kemasan ini adalah double protection, dimana pada bagian dalam-nya sudah dilengkapi zipper atau klip. Dan penyegelan pada bagian luar menggunakan mesin sealer.
  • Flat bottom — kemasan ini bisa dibilang gabungan dari stand up pouch dan gusset pouch. Selain dapat berdiri tegak dan memiliki lipatan dikedua sisi-nya, juga mudah dibuka tutup karena sudah dilengkapi fitur zipper.

Nah itu dia penjelasan jenis kemasan kopi seperti apa yang paling baik. Karena itu, jika anda hobi membuat kopi sendiri, terlebih lagi mulai dari beans (biji kopi hingga menjadi serbuk) maka hal paling awal yang harus anda ketahui adalah soal kemasan penyimpanannya. Jadi jangan sembarangan membeli kopi demi menjaga  kualitas dan citarasa dari beans yang anda olah.

 

Tinggalkan Balasan