Blog

Citarasa kopi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain jenis kopi, faktor lainnya yang berpengaruh pada perbedaan aroma kopi terletak pada proses cara penyangraian kopi. Ini merupakan proses yang membantu pembentukan rasa dan aroma pada biji kopi, yang membuat kopi from field to table menjadi berkualitas.  Penyangraian biji kopi berdasarkan waktu dan suhu penyangraian yang ditandai dengan perubahan kimiawinya seperti berat keringnya yang berkurang dan produk pirolisis volatil yang sangat menentukan cita rasa kopi.

Berdasarkan suhu penyangraian kopi terdapat tiga jenis proses cara penyangraian yaitu light roast dengan suhu yang digunakan adalah rentang 160 derajat C sampai 180 derajat C, medium roast dengan rentang suhu 180 derajat C sampai 200 derajat C dan dark roast dengan rentang suhu 210 derajat C sampai 250 derajat C.

Proses Penyangraian Kopi

Prinsip pemanasan yang dilakukan selama penyangraian menggunakan  tekanan atmosfer yang dikolaborasikan dengan pengaplikasian udara panas sebagai medianya. Transfer panas selama penyangraian biasanya melibatkan transfer panas konduksi, konveksi dan radiasi. Namun konveksi merupakan transfer panas yang sangat penting dikarenakan dapat menentukan laju dan keseragaman penyangraian biji kopi. Penyangraian yang umum dilakukan secara terputus (batch) dan berkelanjutan (continue).

Kopi yang disangrai menggunakan fluidized-bed roaster itu kebanyakan menggunakan tipe pemanasan convective heating yang menghasilkan biji kopi dengan densitas rendah dan high-yield coffee. Sedangkan kopi yang disangrai menggunakan drum roaster itu menggunakan tipe pemanasan conductive heating yang menghasilkan biji kopi dengan sedikitnya padatan yang larut, lebih banyak degradasi asam klorogenat, lebih terasa burnt flavor-nya dan lebih tinggi kehilangan senyawa volatilnya dibandingkan penyangraian menggunakan fluidized-bed roaster.

proses penyangraian kopi, coffee roasting,coffee,kopi bubuk,kopi sangrai,bubuk kopi,kopi bromo,kopi malang,kopi indonesia,cara penyangraian kopi,mesin penyangraian kopi,penyangraian biji kopi,lama penyangraian kopi,suhu penyangraian kopi
Penyangraian Kopi menggunakan drum sederhana

 

Dalam proses penyangraian biji kopi, komponen kimia kopi seperti polisakarida, gula, asam amino dan asam klorogenat mengalami degradasi seiring dengan pembentukan CO2 , uap air dan komponen volatil selama penyangraian. Namun hal ini menghasilkan pembentukan karamelisasi dan kondensasi terhadap produk.

cara penyangraian kopi,lama penyangraian kopi,suhu penyangraian kopi,penyangraian kopi,penyangraian biji kopi,proses penyangraian kopi,penyangraian kopi,coffee roasting,kopi bubuk,bubuk kopi,kopi bromo,kopi malang,kopi indonesia,asam klorogenat,
biji kopi yang sudah disangrai

 

Light roast mempunyai tekstur yang mirip teh dan karakteristik floral dan earthyMedium roast mempunyai tekstur teh yang sedikit mirip teh dan sedikit lebih tanned dari light roast dengan karakteristik acidity dan body yang seimbang. Lalu dark roast yang memiliki aroma yang wangi dan harum begitu di seduh namun hampir tidak menyimpan karakter apa pun lagi selain rasa gosong dan pahit yang dikarenakan waktu yang lama dan suhu yang lebih tinggi dalam proses penyangraiannya.

Tinggalkan Balasan